Minggu, 27 Oktober 2013

Materi kulaih ISD Kelas 1A-1 & IF-4

Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan yang menelaah masalah-maslah sosial dengan menggunakan fakta, konsep dan teori-teori yang diperoleh dan dikembangkan oleh berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial.(AW Wijaya, ilmu sosial dasar,hal 31)

Ilmu Sosial dasar menggunakan pengertian-pengertian yang berasal dari berbagai bidang ilmu sosial,spt. geografi sosial,soiologi,antropologi sosial,ilmu politik,ilmu ekonomi,psikologi sosial dan sejarah dengan tujuan untuk menanggapi masalah-maslah sosial yang dihadapi oleh manusia khususnya masyarakat Indonesia.

Tujuan mempelajari; membantu megembangkan wawasan pemikiran dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan pemikiran yang lebih luas dan ciri-ciri kepribadian yang diharapkan dari setiap anggota golongan masarakat terpelajar Indonesia,khusunya berkenaan dengan sikap dan tingkah laku manusia dalam menghadapi manusia -manusia lain serta sikap dan tingkah laku manusia lain terhadap manusia yang bersangkutan>

Dengan demikian,nantinya mahsiswa mampu :
a. memahami dan menyadari adanya kenyataan -kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
b. peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya
c. menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks,dan cara pendekatan atau mempelajarinya secara kritis dengan melalui pendekatan-pendekatan inter-disipliner.
d. memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetshuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat. (Hartono & Amicuam Aziz,MKDU: Ilmu Sosial dasar,hal. 4)

Dengan mempelajari ISD diharapkan dapat mengembangkan kepekaan mahasiswa terhadap masalah-masalah sosial yang terjadi di lingkungannya,tumbuhnya sikap kesetia-kawanan dan tanggung jawab sosial terhadap penederitaan sesama,melalui penguasaan dasar tentang aspek-aspek kehidupan sosial masyarakat beserta permasalahan-2 di dalamnya.(P.Soedarno dkk. Ilmu Sosial Dasar,Buku Panduan Mahasiswa, )

Pentingnya mempelajari ISD dilatar belakangi oleh anggapan masyarakat thdp pendidikan tinggi yang :
a. spt menara gading
b. tdk peka terhadap persoalan sosial
c. pendidikan warisan kolonial
    Dengan anggapan yang keliru tersebut,maka matakuliah ini perlu diberikan sebagai pelengkap untuk menyempurnakan pembentukan karakter para calon sarjana yang paripurna  spt yang diharapkan,oleh karenanya dalam proses pengajarannya lebih banyak mengaitkan problem-problem sosial oriented yan dirasakan nyata oleh masyarakat.
Tenaga ahli yang dihasilkan oleh perguruan tinggi diharapkan mempunyai tiga jenis kemampuan, yaitu :
1. kemampuan akademik
2. kemampuan personal
3. kemampuan profesional

Sby,28-10-2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar