Minggu, 20 Oktober 2013

SOAL UTS & TUGAS MANDIRI

SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) & TUGAS MANDIRI
MATA KULIAH ; MANAJEMEN KELEMBAGAAN & ORGANISASI ISLAM
SEMESTER / KELAS : GASAL 2013-2014 / 5D1-1, 5D1-2 & 5D2
-----------------------------------------------------------------------------------
Prolog ;
       Pada dasarnya manajemen diterapkan untuk memperoleh tujuan bersama yang efektif dan efisien (0ptimal) dan ini berlaku bagi semua organisasi maupun lembaga ,tidak terkecuali lembaga atau organisasi Islam.
      Teori,prinsip maupun fungsi-fungsi manajemen sudah semakin berkembang seiiring dengan tuntutan dan perkembangan zaman,sehingga manajemen yang awalnya lebih berkaitan dengan persoalan ekonomi/keuangan,sekarang sudah masuk ke seluruh aspek kehidupan dan hajat manusia baik pisik maupun ruhani,material ataupun spritual.
       Islam sebagai agama terkandung di dalamnya aturan-aturan dan tatanan baik yang bersifat vertikal maupun horisontal,aturan bagaimana manusia harus berkomunikasi dalam kapasitasnya sebagai makhluk dengan Al Kholiq dan juga bagaimana manusia dalam kapasitasnya sebagai makhluk sosial berkomunikasi dengan sesamanaya. Semua ini dimaksudkan untuk mencapai tujuan bersama yang luhur; kesejahteraan lahir dan batin,dunia dan akhirat.
       Salah satu cara untuk mewujudkan tujuan bersama yang luhur tersebut bisa ditempuh lewat proses manajemen dengan segala konsep maupun fungsi-fungsinya. Namun pada sisi lain, manajemen mempunyai beberapa kelemahan baik pada wilayah teori/konsep maupun pada implementasinya. Hal ini dibuktiksan dengan kegagalan yang dialami oleh beberapa organisasi maupun lembaga dalam upaya mencapai tujuan bersamanya,organisisai tersebut baik yang bersifat provit maupun non-provit,sosial,keagamaan dan lain-lainnya yang berskala lokal,regional,nasional bahkan internasional.

Dalam sejarah kehidupan Muhammad dalam kapasitas beliau sebagai Imam (pemimpin) masyarakat,beliau sudah banyak menanamkan dan juga mempraktekkan bagaimana seharusnya mengelola masyarakat yang sesuai dengan misi dan aturan Islam yang juga beliau emban sebagai Rasul. Walaupun masih dalam bentuk teori-teori yang global dan praktek-praktek yang sederhana,apa yang telah beliau lakukan mengharuskan kita ,umatnya untuk menerjemahkan dan mengembangkannya seiring dengan kemajuan dan tuntutan masyarakat dan sekaligus untk menjawab persoalan-persoalan kegagalan teori maupun praktek-praktek manajemen modern.

Epilog :
        Yang menjadi pertanyaan dan sekaligus tugas Anda,adalah bagaimana Anda menawarkan konsep dan pemikiran manajemen yang Islami dan sekaligus implementasinya tertutama bila diterapkan pada organisasi maupun lembaga Islam. Sebagai entry-point untuk memudahkan Anda menjawab,bisa disimak pembahasan-pembahasan yang telah kita lakukan dan juga tulisan Anda yang lalu tentang Falsafah/pemikiran manajemen Islam yang berbasis 4 pilar (Tauhid,Keadilan, kemuan bebas dan tanggung jawab) dapat Anda perjelas terutama dalam wilayah praktis dengan membandingkannya bersama konsep dan praktek-praktek manajemen modern.

Ketentuan umum:
Jawaban di ketik rapi di atas kertas Kwarto (A4) dengan ukuran huruf 12 type New Roman dengan batas spasi 1,5.
Waktu pengerjaan di sediakan 2 minggu dari  sekarang dan diserahkan pada waktu kuliah.
Hal-hal yang belum jelas,dapat menghubungi lewat No. hp atau email saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar