Minggu, 08 Desember 2013

Lanjutan Materi Manaj, Organisasi & Kelembagaan Islam 9-10 Desember 2013

Proses Manajamen

      Suatu proses untuk mengolah input yang dimiliki oleh masyarakat muslim dalam                         sebuah manajemen,sehingga akhirnya menghasilkan output. Menggunakan segala kekuatan,pengalaman,kompetensi dan kemampuan lainnya untuk mengolah input.
 Proses manajemen terdiri dari 4 variabel yang saling berkaitan satu sama lainnya,sehingga akan menghasilkan interaksi yang dinamis dalam sebuah manajemen. Variabel dimkasud adalah sebagai berikut :

  • Menyediakan dan menyempurnakan sumberdaya insani atau materi yang mendukung (kekuatan)
  • Anggota masyarakat konsen dan berpegang teguh pada nilai-nilai akidah (amanah) dengan melakukan pengawasan dan pengembangan spiritual mereka
  • menyempurnakan fungsi manajemen yang meliputi perencanaan,pengorganisasian,pengarahan dan pelaksanaan, pengawasan dan audit terhadap kinerja pekerja,
  • Adanya partisipasi pegawai dan masyarakat secara intens dan ketaatan terhadap atasan dengan penuh kerelaan.
Output;
Jika input telah diproses dalam manajemen,dan terjadi interaksi yang intens dalam menjalankan aktivitas dan kegiatan manajemen,maka akan menghasilkan output.

  • Sempurnanya pelayanan pokok bagi masyarakat publik Islam
  • Terwujudkan masyarakat yang adil dan sejahtera,jauh dari tindak kekufuran,kedzaliman,penyakit dan kebodohan.
Referensi :
Merupakan kumpulan pendapat dan pemikiran serta kesatuan masyarakat yang akan menjadi amunisi bagi sistem manajemen. Menjelaskan kekuatan dan kemampuan dalam menjalankan keputusan manajemen,dan kepuasan masyarakat atas pelayanan yang diberikan.
Jika masyarakat telah puas denan pelayanan manajemen,maka mereka akan memberikan dorongan,support dan penambahan faktor input yang berupa materi dan adab etika,sehingga peran kehidupan tetap berjalan.
(di ambil dari buku Manajemen Syaria'ah,Ahmad Ibrahim Abu Sin, halaman 249-251)

1 komentar: