Minggu, 08 Desember 2013

Materi kuliah Manaj. Organisasi & Kelembagaan Islam 9/10 Desember 2013

Lanjutan materi tentang karakteristik teori manajemen Islam

Berdasarkan penjelasan sebelumnya,maka teori mnajemen Islam bersifat universal dan koprehensif dan memiliki karakteristik sebagai berikut ;
  • Manajemen dan masyarakat memiliki hubungan yang sangat erat,manajemen merupakan bagian dari sistem sosial yang dipenuhi dengan nilai,etika,akhlak dan keyakinan yang bersumber dari Islam.
  • Teori manajemen Islam menyelesaikan persoalan kekuasaan dalam manajemen,tidak ada perbedaan anatara pemimpin dan karyawan. Perbedaan level kepemimpinanhanya menunjukkan wewenang dan tanggung jawab.Atasan dam bawahan sa;ing bersekutu tanpa ada pertenatngan dan perbedaan kepentingan. Tujuan dan harapan mereka adalah sejenis dan akan diwujudkan bersama.
  • Pegawai dan karyawan menjalankan pekerjaan mereka dengan keihklasan dan semangat profesionalis me,mereka ikut berkonstribusi dalam menetapkan keputusan,dan taat kepada atasan sepanjang mereka berpihak pada milai-nilai Syari'ah.
  • Kepemimpinan dalam Islam dibangun dengan nilai-nilai syuro dan saling menasehati,dan para atasan bisa menerima kritik dan saran demi kemaslahatan masyarakat publik.(Abu Sin,Manajemen Syari'ah hal.249)
Di akhir materi perkuliahan ini akan ditampilkan contoh Teori Manajemen dalam Islam :
Teori ini adalah bagian dari sistem yang lain dan terbuka,serta berhubungan dengan sistem sosial Islam. Teori ini dari input,proses manajemen dan output. Berinteraksi secara intens dengan kondisi aksternal sehingga bisa menjalankan peran kehidupan,sehingga Alloh memberikan keberkahan di muka bumi.

Input : Input dalam proses manajemen ini dicerminkan dengan bahan baku atau unsur pokok untuk menjalan kan aktivitas manajemen,yaitu :
Tujuan manajemen dalam Islam 
Tujuan ini tidak berbeda dengan tujuan yang ingin diwujudkan oleh masyarakat Muslim yang bermuara untuk beribadah kepadaAlloh yang tercermin dalam
  •  Menerapkan syari'ah Islam dalam beribadah ,mu'amalah dan hukum
  • Memakmurkan bumi yang telah diwajibkan Alloh kepada hambaNya,yang menuntut pencrahan upaya materi,intelektual untuk memanfaatkan kekayaan daratan dan lautan.
  • Menegakkan kekhalifahan (kepemimpinan ) Alloh di muka bumi yang direfleksikan dengan mengeakkan hukum ,pemerintahan yan adil dan mengatur hubungan di antara anggota masyarakat,
  • Membentuk masyarakat dan negara Islam yang adil dan sejahtera,masrakat yang memiliki ruh untuk beribadah kepada Alloh dengan benar.
Contoh proses manajemen Islam :
  •  Keterkaitan manajemen dengan lingkugan sosial yang berpegang teguh dengan nilai-nilai Syari'ah (variabel sosial)
  • Menerapkan konsep syuro dan mengakui partisipasi masyarakat dalam manajemen,menghormati nilai-nilai kemanusiaan yang mendorong pegawai melakukan kinerja optimal. Mereka merasa diakui kehadiran dan kemuliaan kemanusiaannya (variabel kemanusiaan)
  • Menyempurnakan pilar-pilar ekonomi dan kebutuhsn materi yang bersifat pokok bagi masyarakat. memperhatikan kebutuhan pokok dan kesejateraan pegawai,tidak melakukan eksploitasi dan tindak kedzaliman bagi mereka (variabel ekonomi)
  • Menjalankan fungsi pengorganisasian dalam manajemen,menentukan wewenang dan tanggung jawab, menghormati kekuasaan resmi,taat kepada pemimpin atas kebaikan,menjalankan keputusan manajemen tanpa berlebih-lebihan (variabel pengorganisasian dan menghormati kekuasaan syari'ah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar