Senin, 13 Oktober 2014

Materi MK Logika & Filsafat Kls F3 Selasa 14 Oktober 2014

SILOGISME;*)
Pengertian :secara bahasa ,sama dengan istidlal,yaitu mencari informasi ,meminta petunjuk,memberi petunjuk,memberi keterangan,meminta alasan dan memberi alasan.
Adapun secara istilah, menurut al Hilal Al-Askari," Istidlal adalah mencari pengertian sesuatu dari segi lainnya".
Menurut Muhhamad Nur al-Ibrahim; "istidlal adalah proses memahami sesuatu yang konkret untuk menemukan sesuatu yang abstrak,dengan menggunakan sesuatu yang yang konkret itu sebagai media untuk menemukan sesuatu yang abstrak.
Jika dielaborasi ,silogisme ini adalah bentuk penalaran deduktif  tak langsung yang terdiri dari dua proposisi dalam satu kesimpulan ,serta mengandung tiga term. Disebut penyimpulan langsung karena untuk menghasilkan kesimpulan sillogisme menggunakan perantara proposisi kedua dan term penghubung, contoh;
       Semua makhluk hidup bergerak
       Manusia adalah makhluk hidup
       ------------------------------------
       Semua manusia bergerak

Adapaun tiga proposisi yang dimaksud adalah :
1. "Semua makhluk hidup bergerak" disebut Premis mayor (pangkal pikir besar),dalam bahasa Arab disebut Muqoddimah Kubro.
Dinamakan demikian,karena predikatnya ,"bergerak" menjadi predikat pada kesimpulan
2. "Manusia adalah makhluk Hidup" disebut premis minor (pangkal pikir kecil),dalam bahasa Arab disebut  Muqoddimah Sughro. Dinamakan demikian,karena subyeknya ("manusia")menjadi subyek dalam kesimpulan.
3."Semua manusia bergerak" disebut kesimpulan (natijah)

Sedangkan tiga termnya adalah sebagai berikut;
1. Term tengah (term pembanding/terminus medius),yaitu term yang berfungsi membandingkan premis mayor dan minor sehingga bisa diambil kesimpulan. Dalam contoh di atas yang termasuk term tengah adalah "Makhluk hidup" dilambangkan dengan M.
2. Term mayor (term pangkal banding),yitu term prediat pada premis mayor yang natinya mewnjadi prediket pula pada kesimpulan. Dalam contoh di atas yang dimkasud dengan term mayor adalah "bergerak" dilambangkan dengan P.
3. Term minor (term yang dibandingkan),yaitu term subyek pada premis minor yang nantinya menjadi subyek pula pada kesimpulan. Dalam contoh di atas yang dimaksud term minor adalah "Manusia" dilambangkan dengan S.

*Sumber; Logika Teori dan Aplikasi, Dr.Khalimi,MA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar