Rabu, 08 Oktober 2014

MK Perilaku Organiasi Kls.5MD1 Kamis 9 Oktober 2014

Perilaku Kelompok Dalam Organisasi
Teor-teori terbentuknya Kelompok:
1. Propinquity; atau teori kedekatan,artinya  bahwa seseorang berhubungan dengan orang lain disebabkan karema adanya kedekatan ruang dan daerahnya (spatial and geographical  proximity)
2. Teori yang berasal dari George Thomas,terinya berdasarkan pada aktivitas-2,interaksi-2 dan sentimen-2 (perasaan atau emosi).yang penjelasannya sebagai berikut ;
a- semakin banyak aktivitas-2 seseorang dilakukan dengan orang lain (shared),semakin beraneka interaksi-2 nya dan semakin kuat tumbuhnya sentimen-2 mereka.
b- semakin banyak interaksi-2 di antara orang-2,maka semakin banyak kemungkinan aktivitas-2 dan sentimen yang ditukarkan (shared) pada orang lain.
c- semakin banyakaktivitas dan sentimenm yang ditularkan pada orang lain dan semakin banyak sentimen seseorang dipahami oleh orang lain,maka semakin  banyak kemungkinan ditularkannya aktivitas dan interaksi-2.
3. Teori KESEIMBANGAN (a balance theory of groupformation) oleh Theodore Newcomb; teori ini menyatakan bahwa seseorang tertarik kepada yang lain adalah didasarkan kepada atas kesamaan sikap di dalam menanggapi suatu tujuan yang relevan satu sama lain.
4. Teori PERTUKARAN (exchange theory),teori ini ada kesamaan fungsinya dengan teori motivasi dalam bekerja. Teori pertukaran ini berdasarkan atas interaksi dan susunan hadiah -- biaya -- dan hasil. Suatu tingkat positif yang minim (yaitu hadiah lebih besar dari pada beaya) dari suatu hasil harus ada,jikalau diinginkan terdapartnya daya tarik dan afiliasi. Hadiah-hadiah yang berasal dari interaksi-2 akan mendorong timbulnya kebutuhan,sementara biaya akan menimbulkan kekhawatiran,fustrasi,kesusahan atau kelelahan. Teori-teori di atas (propinquity,interaksi,keseimbangan) semuanya memainkan peranan di dalam teori pertukarn ini.
5. Teori yang didasarkan atas alasan-alasan praktis (Practicalities of group formation) spt. alasan ekonmi,sosial dan keamanan.

Dari beberapa teori pemebentukan kelompok tersebut,maka bisa diidentifikasi karakteristik dari suatu kelompok yang menurut Reitz yang menonjol dari suatu kelompok itu antara lain :
1. adanya dua orang atau lebih
2. yang berinteraksi satu sama lain
3. yang saling membagi beberapa tujuan yang sama
4. dan melihat dirinya sebagai suatu kelompok

BENTUK-BENTUK KELOMPOK ;
1.Kelompok Primer (Primary Group); kelompok yang disifati dengan adanya keakraban,kerjasama dan hubungan tatap muka. Mereka utama dalam beberapa pengertian,tetapi pada pokoknya mereke merupakan dasar dalam pembentukan sifat sosial,dan cita-cita individu.
2.Kelompok Formal dan Informal; formal adalah suatu kelompok yang dibentuk dibentuk untuk melaksanakan tugas tertentu. Informal; yang muncul dari proses interaksi,daya tarik dan kebutuhan-2 seseorang.
3.Kelompok Terbuka dan Tertutup; terbuka artinya tanggap terhadap perubahan dan pembaharuan, tertutup ; sebaliknya.
4. Kelompok Referensi; dimana seseorang melakukan referensi atasnya.(ada feed-back)

*Dikutip dari buku Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya oleh; Miftah Thoha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar