Selasa, 12 Maret 2013

MATERI KULIAH ANALISIS MANAJEMEN KELEMBAGAAN



KONSEP DASAR TENTANG ANALISIS  MANAJEMEN & KELEMBAGAAN
       MENGAPA  DIPERLUKAN ANALISIS ?
       PERUBAHAN ATAU PERTUMBUHAN PASTI AKAN TERJADI DALAM SETIAP ORGANISASI.
       ORGANISASI HARUS MEMBERI KEUNTUNGAN KEPADA  SETIAP YANG BERKEPENTINGAN ;  PELANGGAN,PEGAWAI,PEMEGANG SAHAM DAN LAINNYA.
       SETIAP  PERTUMBUHAN  PASTI MENGALAMI PERUBAHAN  DAN PERUBAHAN ITU  DIDASARKAN ATAS PILIHAN KEPUTUSAN SEBELUMNYA.
       KEPUTUSAN DIAMBIL BERDASARKAN ATAS DIAGNOSA TENTANG KONDISI KESEHATAN ORGANISASI.
       DIAGNOSA DIPERLUKAN  DAN SANGAT PENTING BAGI ORGANISASI uNTUK MENGETAHUI STATUS  KESELURUHAN  ATAU BEBERAPA BIDANG SECARA  CEPAT.
       FUNGSI  ANALISIS  MANAGEMENT ADALAH UNTUK MENDAPATKAN INFORMASI ATAU GAMBARAN YANG DIBUTUHKAN DARI ORGANISASI.
       INFORMASI YANG DIPEROLEH  DARI  RANGKAIAN PROSES,PRODUK,JASA  YANG KEMUDIAN DI ANALISA UNTUK  MENGETAHUI : KINERJA.
       KINERJA DAPAT BERUPA FINANSIAL DAN NON-FINANSIAL.
       PENGUKURAN KINERJA MERUPAKAN BAGIAN DARI FUNGSI KONTROL.

       METHODOLOGI  UNTUK PEMILIHAN & PROSES ERUBAHAN LEBIH TRFOKUS,TERARAH DAN SISTEMIK.
       MUDAH MENGINTERPRETASIKAN SELURUH PROFIL  PERUBAHAN  UNTUK  TERCAPAINYA EFEKTIFITAS DAN KINERJA ORGANISASI.
       TERIDENTIFIKASINYA FAKTOR KEKUATAN ORGANISASI DAN JENIS DOMAINNYA.
       MEMUDAHKAN IDENTIFIKASI ARAH YANG AKAN DITEMPUH
       TERIDENTIFIKASINYA KESESUAIAN & KETIDAK SERASIAN ANTARA PROFIL BUDAYA ORGANISASI DAN PROFIL INDIVIDU/PEMIMPIN.
       DIKETAHUINYA STRATEGI DAN FOKUS TINDAKAN PERUBAHAN YANG HARUS SEGERA DIMULAI,DIHENTIKAN ATAU DILAJUTKAN.
       ORGANISASI SEGERA DAPAT DITATA LEBIH EFEKTIF  MENGADAPTASI ADANYA TANTANGAN PERUBAHAN ORGANISASI.
       MENGHASILKAN PEMBELAJARAN ORGANISASI DAN PERSONIL  DENGAN PEMAHAMAN YANG LEBIH BAIK TENTANG BAGAIMANA MEMILIH PERUBAHAN YANG LEBIH FOKUS UNTUK EFEKTIFITAS DAN KINERJA ORGANISASI.
       BISA MEMBANDINGKAN PERGERAKAN PENGELOLAAN PERUBAHAN BUDAYA ORGANISASI DENGAN KEBUTUHAN KRITIS PERUBAHAN BUDAYA PADA  BANYAK  ORGANISASI MAJU.
       MENDORONG PENINGKATAN EFEKTIFITAS DAN KAPAILITAS ORGANISASI SECARA MENYELURUH SERTA PENYERAHAN NILAI YANG SEMAKIN MENINGKAT UNTUK KEPENTINGAN PELANGGAN & STAKEHOLDERS  LAINNYA.


HIRARK I SISTEM ORGANISASIONAL
       SISTEM  =  MASUKAN (INPUT) -  PROSES (PROCESS) -  KELUARAN  (OUTPUT)
       DIPERLUAS DALAM  ORGANISASI MENJADI =  PEMASOK (SUPPLIER) – PENYEDIA (PROVIDER) -  PELANGGAN (CUSTOMER).
       PENYEDIA  SERING DIKATAKAN SEBAGAI ; SUATU ORGANISASI.
       DENGAN PENDEKATAN PROSES, ORGANISASI DAPAT DIPANDANG SEBAGAI PENGOLAHAN SUMBERDAYA  YANG DIBERIKAN OLEH PEMASOK UNTUK DINTRANSFORMASI  MENJADI KELUARAN DAN DISERAHKAN KEPADA PELANGGAN.
       DENGAN BATASAN PENYEDIA SEBAGAI SUATU ORGANISASI,MAKA  ORGANISASI DAPAT DIKATAKAN SEBAGAI SUATU ENTITAS SOSIAL YANG TERKOORDINASI,TERDIRI ATAS DUA ORANG ATAU LEBIH UNTUK MENCAPAI SPERANGKAT TUJUAN BERSAMA .
       KECENDERUNGAN HIRARKI SISEM ORGANISASIONAL  DAPAT DIBAGI MENJADI  2;
       1.  BERSIFAT  NYATA/TERLIHAT  (TANGIBLE) DAN INI BISA  DILIHAT DARI PRESPEKTIF ;
       A- ORGANISASI
       B- SISTEM
       C-ORANG
        2- BERSIFAT TIDAK NYATA/TIDAK TERLIHAT (INTANGIBLE) INI ADALAH YANG DIRASKAN BERSAMA  DAN DIANUT KUAT SEBAGAI TATA NILAI (VALUES) OLEH JAJARANNYA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar