Selasa, 26 Maret 2013

Organisasi,Manajemen dan Dimensi Perspektif sistem, (rabu,27 maret 2013)

Organisasi dan manajemen dapat ditinjau dengan pendekatan sistem.,Organisasi adalah bagian dari manajemen,sedangkan manajemen adalah juga bagian dari organisasi. Secara umjm organisasi didefinisikann sebagai suatu sistem peran,aliran aktivitas dan proses (meniunjukkan proses organisasi atau disebut sistem/pola hubungan kerja),dan melibatkan beberapa orang sebagai pelaksana tugas/aktivitas yang dirancang untuk melaksanakan tujuan bersama. Pelaksanaan tujuan bersama ini merupakan alasan mengapa organisasi ada. Sumberdaya manajemen adalah informasi. Tugas utama manajemen adalah mengambil keputusan. Pemanfaatan informasi secara penuh merupakan salah satu faktor dalam menilai kjalitas keputusan. Manajemen dapat dipandang sebagai aktivitas yang bertanggung jawab atas penciptaan, pertumbuhan dan kelangsungan organisasi. Dalam konteks ini,otganisasi dipandang sebagai kerangka atau rumah,tempat untuk melaksanakan kegiatan manajemen. Fungsi-fungsi di dalam proses manajemen, dapat digambarkan sebagai berikut;

Fungsi Mendasar terditi atas ;
- Fungsi Perancanaan; mengembangkan sasaran,pemecahan persoalan,alokasi sumberdaya,rancangan dan penataan sistem kerja.
- Fungsi Implementasi: pencapaian sasaran & rencana,operasional pekerjaan dan sistem organisasional melalui SDM.
- Fungsi Kontrol; Umpan balik,pemantauan,pengukuran & analisis,penelaahan,pengkajian,evaluasi,audit,tindakan koreksi,tinjauan/review,diagnosis

Fungsi Tradisional terdiri atas;
- Perencanaan
- Anggaran
- Pengangkatan
- Penataan
Hal-hal tersbut masuk pada wilayah Fungsi Perencanaan

kemudia yang masuk wilayah fungsi implementasi adalah;
- Menyelenggarakan
- Mengarahkan
- Mengkordinasikan
- Memerintah
- Menggerakkan
- Memimpin

Sementara yang masuk wilayah fungsi kontrol adalah; mengendalikan dan melaporkan

Untuk Dimensi waktu fungsi perencanaan adalah; periode pra-operasional,orientasi ke masa depan dan fjngsi ramalan dan proyeksi.
Untuk fungsi implementasi dimensi waktunya adalah; Priode operasional,perhatian saat ini dan kontinyu,fungsi menggerakkan dan motivasi.
Untuk fungsi kontrol dimensi waktunya adalah; periode pasca-operasional,orientasi setelah kejadian dan fungsi peraturan dan penyesuaian

Bila disimak,kegiatan analisis juga diagnostik adalah bagian dari fungsi kontrol di dalam fungsi proses manajemen.

Kegiatan fungsi implementasi di dalam proses manajemen cenderung berinteraksi antara orang satu dan yang lain dengan tujuan memaksimumkan kepuasan (serta produktivitas) dan lazimnya menggunakan filosofi ilmu perilaku. Ilmu perilaku berhubunban dengan usaha untuk mencapai pebgetahuan tentang perilaku manusia guna memperoleh pengertian tentang menbapa manusia menunjukkan kelakuan dan perubahan tertentu,terutama sehubjnban dengan interaksi merema dengan pihak-pihak lain dalam organisasi.  Kegiatan diagnosi dan tindak lanjutnya cenderung difokuskan untuk menggerakkan pilihan perubahan peran implementasi dalam menumbuh kembangkan organisasi, dan karenznya, para pemimpin dapat ddngan mudah membimbing pengikutnya untuk mengubah tatanan implementasi sesuai perkembangan kebuguhan organisasi.  Peran implementasi adalah peran yang dimainkan oleh setiap individu yang berintaraksi dengan individu lainnya di dalam kelompok atau organisasi yang dapat menubah perilakunya,dalam melaksanakan tujuan bersama guna memaksimumkan kepuasan (dan produktivitas).

KegiatN perencanaan dan kontrol di dalam proses manajemen cenderung berinteraksi antara orang dan pekerjaan atau tugas dengan tujuan memaksmumkan produktivitas dan kepuasan,lazimnya dengan filosofi ilmu manajemen.  Jika seluruh proses manajemen berorientasi masukan-keluaran diintegrasikan,filosofi sisten dapat diterapkan secara utuh guna menkngkatkan keefektifan dan kinerja organisasi dengan senantiasa memlerhitungkan keserasian dan keselarasan peingkztan produktivitas serta kepuasan sehingga penerapannya dirasakan berimbang dan harmonis oleh seluruh jajaran /anggota organisasi.
(Nevizond Chattab,14-17)

Perhatian untuk seluruh kelas D1 & D2, hari ini saya tidak masuk kelas,kegiatan kelas untuk hari ini,secara individu ANDA membuat resume atas materi ini,yang harus serahkan pada pertemuan minggu depan.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar