A. Prakondisikan Pelaksanaan Kegiatan Analisis/diagnostik
B. Pastikan sumberdata relevan
C. Lakukan Penyamaan persepsi
D. Laksanakan kegiatan Diagnostik/analistis.
Evaluasi Analistis/Diagnostik :
A. Evaluasi proses dan hasil
B. Kerangka Penilaian Kinerja Organisasi
Penilaian kinerja Organisasi ala kriterian Baldrige (semula Malcom Baldrige National Quality Award) berdasar atas dimensinproses dan hasil mencakup 7 Kategori :
* Kepemimpinan
* Perencanaan Strategis
* Fokus pada Pelanggan dan Pasar
* Pengukuran,Analisis dan Manajemen Pengetahuan
* Fokus Tenaga Kerja/SDM
* Manajemen Proses
* Hasil Akhir
Dimensi Proses mencakup faktor ADLI,yaitu :
* Pendekatan (Approach) yang mengacu pada :
- cara yg digunakan untuk melaksankan proses
- kesesuaian metodebyg digunakan dg persyaratan element kriteria
- efektifitas penggunaan metode
- sejauh mana pendekatan itu dapat dilakuikan secara berulang dan berdasar kan data serta informasi yg terpercaaya
* Penerapan ( Deployment) yang mengacu pada :
- pendekatan diterapkan untuk menjawab persyaratan element kriteria yg relevan dan penting bagi organisasi.
- pendekatan diterapkan secara konsisten
- pendekatan digunakan olehnunit kerja yang sesuai
* Pembelajaran (Learning) yang mengacu pada :
- penyempurnaan melalui sikljs evaluasi dan peningkatan
- perubahan yg bersifat terobosan melalui dorongan inovasi
- saling berbagi penyempurnaan dan inovasi antar iunig kerja dan proses lainnya yg relevan dlam organisask.
* Keterpaduan ( Integration) yang mengacu pada :
- keselarasan dgnkebutuhan organisasi
- sistem pengukuran,informasi dan peningkatan yang saling melengkapi antara proses dan unit kerja
- rencana,proses, hasil analisis,pembelajaran dan tindakan antara proses dan unit kerja untuk mendukung tujuan organisasi diharmonsasikan
Untuk dimensi Hasil,biasanya digunakan empat hal berikur :
1. Level kinerja saat ini
2. Penilaian atau perhitungan atau ratedan keluasan peningkatan kinerja
3. Kinerja relatif dibandingkan dengan pembanding yang sesuai dan/atau benchmark
4. Keterkaitan ukuran hasil untuk persyaratan kinerja pelanggan utama,produk dan jasa,pasar serta proses yang diidentifikasi dalam profil organisasi dan elemen proses.
(Nevizond Chattab, 40 - 50)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar