Selasa, 23 April 2013

Implementasi Analisis/diagnostis (24 April 2013)

A. Prakondisikan Pelaksanaan Kegiatan Analisis/diagnostik
B. Pastikan sumberdata relevan
C. Lakukan Penyamaan persepsi
D. Laksanakan kegiatan Diagnostik/analistis.

Evaluasi Analistis/Diagnostik :
A. Evaluasi proses dan hasil
B. Kerangka Penilaian Kinerja Organisasi

Penilaian kinerja Organisasi ala kriterian Baldrige (semula Malcom Baldrige National Quality Award)  berdasar atas dimensinproses dan hasil mencakup 7 Kategori :
* Kepemimpinan
* Perencanaan Strategis
* Fokus pada Pelanggan dan Pasar
* Pengukuran,Analisis dan Manajemen Pengetahuan
* Fokus Tenaga Kerja/SDM
* Manajemen Proses
* Hasil Akhir

Dimensi Proses mencakup faktor  ADLI,yaitu :
* Pendekatan (Approach) yang mengacu pada :
    - cara yg digunakan untuk melaksankan proses
    - kesesuaian metodebyg digunakan dg persyaratan element kriteria
    - efektifitas penggunaan metode
    - sejauh mana pendekatan itu dapat dilakuikan secara berulang dan berdasar kan data serta informasi yg terpercaaya

* Penerapan ( Deployment) yang mengacu pada :
   - pendekatan diterapkan untuk menjawab persyaratan element kriteria yg relevan dan penting bagi organisasi.
   - pendekatan diterapkan secara konsisten
   - pendekatan digunakan olehnunit kerja yang sesuai

* Pembelajaran (Learning) yang mengacu pada :
   - penyempurnaan melalui sikljs evaluasi dan peningkatan
   - perubahan yg bersifat terobosan melalui dorongan inovasi
   - saling berbagi penyempurnaan dan inovasi antar iunig kerja dan proses lainnya yg relevan dlam organisask.

* Keterpaduan ( Integration) yang mengacu pada :
   - keselarasan dgnkebutuhan organisasi
   - sistem pengukuran,informasi dan peningkatan yang saling melengkapi antara proses dan unit kerja
   - rencana,proses, hasil analisis,pembelajaran dan tindakan antara proses dan unit kerja untuk mendukung tujuan organisasi diharmonsasikan

Untuk dimensi Hasil,biasanya digunakan empat hal berikur :

1. Level kinerja saat ini
2.  Penilaian atau perhitungan atau ratedan keluasan peningkatan kinerja
3. Kinerja relatif dibandingkan dengan pembanding yang sesuai dan/atau benchmark
4. Keterkaitan ukuran hasil untuk persyaratan kinerja pelanggan utama,produk dan jasa,pasar serta proses yang diidentifikasi dalam profil organisasi dan elemen proses.

(Nevizond Chattab, 40 - 50)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar