Selasa, 14 Mei 2013

Lanjutan materi Analisis Sistem

Sistem Kepemimpinan

Istilah sistem kepemimpinan menunjukkan bagaimana kepemimpinan dilaksanakan secara formal ataupun informal di seluruh organisasi,sebagai dasar dan pedoman membuat ,mengkomunikasikan,dan melaksanakan keputusan utama. Sistem kepemimpinan terdiri atas struktur dan mekanisme pengambilan keputusan; pemilihan dan pengembangan pemimpin serta manajer; penguatan tata nilai ,arahan serta harapan kinerja.

Sistem kepemimpinan yang efektif  menghargai kemampuan dan kebutuhan anggota serta pemilik kepentingan lainnya dan menetapkan harapan tinggi untuk kinerja  serta peningkatan kinerja.

Sistem kepemimpinan yang efektif membangun loyalitas dan kerja tim (teamwork) berdasarkan tata nilai organisasi dan pencapaian tujuan.

Sistem kepemimpinan yang efektif memberi keyakinan,dan mendukung inisiatif serta pengambilan resiko yang tepat,menyusun struktur organisasi sesuai tujuan dan fungsi serta menghilangkan rantai komando yang menuntut proses pengambilan keputusan yang panjang.

Sistem kepemimpinan yang efektif mencakup mekanisme bagi pemimpin untuk melakukan evaluasi diri,menerima umpan balik dan memperbaikinya.

Umumnya sistem kepemimpinan berkenaan dengan apa yang akan dilakukan,yaitu arahnya diawali dengan pernyataan misi dan bagaimana melakukannya,yang diawali arahnya dengan pernyataan tata nilai guna mewujudkan visi yang ditetapkan.
Misi ditindaklanjuti dengan tujuan (goal) jangka panjang yang kemudian dijabarkan dengan sasaran (objectives) jangka pendek dan kemudian dengan program kerja (action plan),yang bergerak mulai dari yang lebih luas (board intent) ke yang spesifik (specific intent). Tindakan nyatanya adalah dengan komitmen pimpinan yang dapat berupa surat keputusan ,keterlibatan pimpinan,ataupun pemberian dukungan fasilitas dan sumberdaya lainnya.

Tata nilai ditindaklanjuti dengan strategi lalu diikuti dengan kebijakan atas strategi yang dipilih. Strategi merupakan peta (road map) organisasi yang akan dilalui dalam menggerakkan produktivitas ,inovasi bisnis dan keunggulan kompetitif organisasi untuk mencapai sasaran dalam jangka waktu tertentu. Kebijakan yang ditetapkan sesuai strategi yang dipilih ditindak lanjuti dengan metodologi (mekanisme,prosedur dan instruksi kerja atau acuan lainnya) yang bergerak mulai dari yang lebih luas (board intent) ke yang spesifik (specific intent). Tindakan nyatanya adalah dengan gaya kepemimpinan yang diraskan sebagai servant leaders yang berorientasi pada layanan,keteladanan,konstribusi dan kerendahan hati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar