Senin, 13 Mei 2013

Lanjutan materi kuliah Analisis Proses Implementasi Kebijakan Publk (14 Mei 2013)

Aktivitas pengorganisasian (organization) merupakannsuatu upaya untuk menetapkan dan menata kembali sumberdaya (resources),unit-unit dan metode-metode yang mengarah pada upaya mewujudkan atau merealisasikan kebijakan menjadi haskl (outcomes) sesuai dengan apa menjadi tujuan dan sasaran kebijakan.
Aktifitas interpretasi (interpretation) merupakan kegiatan menjelaskan substansi dari suatu kebijakan dalam bahasa yang lebih operasioanal dan mudah dipahami sehingga dapat dilaksanakan dan diterima para pelaku dan sasaran kebijakan.
Aktifitas aplikasi (application) merupakan Aktifitas penyediaan pelayanan secata rutin,pembayaran atau lainnya sesuai denban tujuan dan sasaran kebijakan yang ada.

Berdasarkan pada dua pendapat di atas (Darwin dan Jones ), maka yang perlu mendapat perhatian dan persiapan dalam proses implementasi kebijakan adalah interpretasi,organisai, penyediaan resorses dan manajemen program serta penyediaan layanan dan manfaat pada publik.
Oleh karena itu masalah implementasi merupakan proses yang memerlukan tindakan-tindakan sistematis dari interpretasi, pengorganisasian  dan aplikasi.

1. Tahap interpretasi,merupakan tahapan penjabaran sebuah kebijakan yang masih bersifat abstrak ke dalam kebijakan yang lebih brrsifat teknis operasional. Kebijakan umum atau kebijakan strategis (strategic policy ) akan dijabarkan ke dalam kebijakan manajerial (managerial policy ) dan kemudian akan dijabarkan ke dalam kebijakan operasional.
Dan dalam tahap imimpula dilakukan komunikasi dan sosialiasi.
2. Tahap Pengorganisasian, tahap ini lebih mengarah pada proses kegiatan pengaturan dan penetapan siapa yang menjadi pelaksana kebijakan, penetapan anggaran (besarnya,sumbernya,pengunaan dan pertanggung jawabannya),penetapan prasarana dan sarana yang diperlukan untuk melksanakan kebijakan (juklak dan juknis),dan penetapan manajemen pelaksanaan termasuk penetapan pola kepemimpinan dan pola kordinasi pelaksanaan kebijakan.
3.Tahap aplikasi,merupakan penerapan rencana proses implementasi kebijakan ke dalam realitas nyata. Tahap aplikasi merupakan perwujudan dari pelaksanaan masing-masing krgiatan dalam tahapan yang telah disebutkan sebeljmnha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar