Senin, 13 Mei 2013

Materi kuliah, Analisis Proses Implementasi Kebijakan Publik (14 Mei 2013)

Sebagai suatu tahapan dari proses kebijakan publik,maka implementasi kebijakan publik merupakan sesuatu yang crusial,kare a bagaimanapun baiknya suatu kebijakan,kalau tidak dipersiapkan dan direncanakan secara baik dalam kmllementasinya,maka tujuan kebijakan tidak akan terwujud. Demikian juga sebalikknya,bagaimanapun baiknya persiapan dan perencanaan implementasi kebijakan, kalau tidak dirumuskan dengan baik maka tujuan kebijakan juga tidak akan bisa diwujudkan.
Dengan demikian,kalau menginginkan tujuan kebijakan dapat dicapai dengan baik,maka bukan saja pada tahap implementasi yang harus disiapkan dan direncanakan dengan baik,tetapi jjga pada tahap perumusan atau pembuatan kebijakan juga telah diantisipasi untuk dapat diimplementasikan.

Beberapa pengertian "implementasi";
- menurut kamus Webster : " to provide the means for carrying out". (menyediakan sarana untuk melaksanakan sesuatu), to give practical effects to ( menimbulkan dampak /akibat terhadap sesuatu).
Implementasi berarti menyediakan sarana untuk melaksanakan suatu kebijakan dandapat menimbulkan dampak/akibat terhadap sesuatu tersebut.
- menurut Jones ; " getting the job done "and" doing it"
Sekalipun sederhana pengertian yang dimaksud, Jones mensyaratkan pelaksanaannya memerlukan ; ada pelaksana (orang), uang dan kemampuan organisasional yang dalam hal ini sering disebut dengan resources
-  menurut Mazmanian dan Sabatier ; " to understand what actually happens after a program is enacted or formulated is the subject of policy implementation.  Those events and activities that occur after the issuing of authoritative public policy directives, which included both the effort to administer and the substantive impacts on people and events". (hakikat utama implementasi kebkjakan adalah memahami apa yang seharusnya terjadi setelah sesuatu program dknyatakan berlaku atau dirumuskan. Pemahaman tadi mencakup usaha usaha untuk mengadminitrasikannya
dan untuk menimbulkan dampak nyata pada masyarakat atau kejadian-kejadian)

Aktifitas yang terlihat dalam implementasi kebijakan ;
Menurut Darwin, proses implementasi yang perlu dilakukan setidaknya ada empat hal penting, yaitu pendayaan sumber,pelibatan orang atau sekelompok orang dalam implementasi,interpretasi,manajemen program dan penyediaan layanan dan manfaat pada publik.

Sementara menurut Jones,ada tiga macam :
Organization
Interpretation
Application

Pemberitahuan untuk kelas D1 dan D2;
1. Bahan materi ini akan didiskusikan/dijelaskan pada pertemuan minggu depan
2. Hari ini ; 14 Mei 2013,saya tidak bisa masuk kelas karena masih ada kepentingan di luar kota.
3. Hasil UTS minggu lalu dikumpulkan hari ini lewat kosma masing-masing,dengan menandatangani bukti pengumpulan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar